Label

Kamis, 26 Januari 2012

TARIAN MANCANEGARA


 

A.Tari Salsa-Spanyol


Salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan musik salsa. Kata salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini adalah rasa atau gaya.
Menurut pengakuan dari para ahli dan sejarawan musik, nama salsa telah diterima antara penari selama berpuluh-puluh tahun. Pertama kali kata salsa disiarkan dalam radio adalah melalui lagu yang dibuat oleh Ignacio Piñeiro, yang ditujukan pada seseorang pria Afrika tua yang menjual butifarras (sejenis sosis) pada Central Road di Matanzas. Lagu berirama son tersebut berjudul Échale salsita. Di bagian refrain dan bait lagu disebutkan "Salsaaa! échale salsita, échale salsita." Pada awal tahun 1950, seorang komentator dan DJ "bigote" Escalona mengumumkan tarian salsa dengan judul "irama berikut mengandung Salsa". Akhirnya penduduk berbahasa Spanyol di kota New York menjuluki Celia Cruz sebagai "Ratu Salsa".
Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakti dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya. Biasanya musik salsa melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit.
Salsa merupakan tarian ditempat, jadi tidak seperti Foxtrot atau Samba, pasangan yang menari Salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu.

Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Salsa

b.Tema
-Pergaulan

c.Koreografer
-Celia Cruz

d.Jenis Tarian
-Tarian Rakyat

e.Negara Asal
-Spanyol

f.Fungsi Tarian
-Sebagai Media Hiburan

g.Penyajian Tari
-Berpasangan

h.Properti
-Sepatu khusus untuk menari salsa

i.Busana
-Busana Modern

j.Musik Pengiring
-Tres,Bongo,Clave,Maracas,Guiro,Marimbula,Botija,serta Vocal

i.Ciri Gerak Tari
-Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakti dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya.






B.Tari Bharata Natyam-India

Tarian ini berasal daripada wilayah Tamil Naidu di bahagian Selatan India dan dikenali sebagai tarian kebangsaan India. Secara tradisionalnya, tarian ini di persembahkan secara solo oleh seorang penari wanita. Tarian klassik Bharata Natyam merupakan salah satu tarian yang penuh dengan tradisi, yang mana untuk menguasainya perlu mengambil masa bertahun-tahun karena terdapat berbagai gerakan tangan, kaki dan mata yang harus dipelajari demi untuk mempersembahkan tarian warisan lama yang dihormati ini secara lengkap, penuh dengan kegemilangan.

Bharata Natyam ialah “seni bercerita”, dari sifat asalnya yang merupakan ekspresi menghambakan diri kepada tuhan-tuhan Hindu. Tarian ini dianggap sebagai tarian api, yang ditunjukkan dengan jelas oleh metafisik batin dan unsur api dalam badan manusia. Biasanya tarian ini diiringi dengan musik klasik Carnatic. Seorang penari profesional tarian ini harus mempunyai beberapa sifat, antaranya kelihatan muda, langsing, bermata besar, berkeyakinan diri, berkeupayaan mengikut alunan musik dan menyanyi.

Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Bharata Natyam

b.Tema
-Religius

c.Koreografer
-Ramli Ibrahim (Malaysia)

d.Jenis Tarian
-Tari Klasik

e.Negara Asal
-India

f.Fungsi Tarian
-Sebagai menghambakan diri pada Tuhan Hindu

g.Penyajian Tari
-Tunggal

h.Properti
-Gelang tangan khas India dan gelang khas India

i.Busana
-Busana Tradisional India

j.Musik Pengiring
-Musik klasik Carnatic

i.Ciri Gerak Tari
-Tari Bharata Natyam merupakan tari yang penuh tradisi,yang mana menguasai tari ini memebutuhkan waktu bertahun tahun karena terdapat berbagai gerak tangan,kaki,dan mata yang harus dipelajari demi untuk mempersembahkan tarian warisan lam

C.Tari Nihon Buyo-Jepang