Label

Kamis, 26 Januari 2012

TARIAN MANCANEGARA


 

A.Tari Salsa-Spanyol


Salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan musik salsa. Kata salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini adalah rasa atau gaya.
Menurut pengakuan dari para ahli dan sejarawan musik, nama salsa telah diterima antara penari selama berpuluh-puluh tahun. Pertama kali kata salsa disiarkan dalam radio adalah melalui lagu yang dibuat oleh Ignacio Piñeiro, yang ditujukan pada seseorang pria Afrika tua yang menjual butifarras (sejenis sosis) pada Central Road di Matanzas. Lagu berirama son tersebut berjudul Échale salsita. Di bagian refrain dan bait lagu disebutkan "Salsaaa! échale salsita, échale salsita." Pada awal tahun 1950, seorang komentator dan DJ "bigote" Escalona mengumumkan tarian salsa dengan judul "irama berikut mengandung Salsa". Akhirnya penduduk berbahasa Spanyol di kota New York menjuluki Celia Cruz sebagai "Ratu Salsa".
Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakti dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya. Biasanya musik salsa melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit.
Salsa merupakan tarian ditempat, jadi tidak seperti Foxtrot atau Samba, pasangan yang menari Salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu.

Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Salsa

b.Tema
-Pergaulan

c.Koreografer
-Celia Cruz

d.Jenis Tarian
-Tarian Rakyat

e.Negara Asal
-Spanyol

f.Fungsi Tarian
-Sebagai Media Hiburan

g.Penyajian Tari
-Berpasangan

h.Properti
-Sepatu khusus untuk menari salsa

i.Busana
-Busana Modern

j.Musik Pengiring
-Tres,Bongo,Clave,Maracas,Guiro,Marimbula,Botija,serta Vocal

i.Ciri Gerak Tari
-Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakti dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya.






B.Tari Bharata Natyam-India

Tarian ini berasal daripada wilayah Tamil Naidu di bahagian Selatan India dan dikenali sebagai tarian kebangsaan India. Secara tradisionalnya, tarian ini di persembahkan secara solo oleh seorang penari wanita. Tarian klassik Bharata Natyam merupakan salah satu tarian yang penuh dengan tradisi, yang mana untuk menguasainya perlu mengambil masa bertahun-tahun karena terdapat berbagai gerakan tangan, kaki dan mata yang harus dipelajari demi untuk mempersembahkan tarian warisan lama yang dihormati ini secara lengkap, penuh dengan kegemilangan.

Bharata Natyam ialah “seni bercerita”, dari sifat asalnya yang merupakan ekspresi menghambakan diri kepada tuhan-tuhan Hindu. Tarian ini dianggap sebagai tarian api, yang ditunjukkan dengan jelas oleh metafisik batin dan unsur api dalam badan manusia. Biasanya tarian ini diiringi dengan musik klasik Carnatic. Seorang penari profesional tarian ini harus mempunyai beberapa sifat, antaranya kelihatan muda, langsing, bermata besar, berkeyakinan diri, berkeupayaan mengikut alunan musik dan menyanyi.

Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Bharata Natyam

b.Tema
-Religius

c.Koreografer
-Ramli Ibrahim (Malaysia)

d.Jenis Tarian
-Tari Klasik

e.Negara Asal
-India

f.Fungsi Tarian
-Sebagai menghambakan diri pada Tuhan Hindu

g.Penyajian Tari
-Tunggal

h.Properti
-Gelang tangan khas India dan gelang khas India

i.Busana
-Busana Tradisional India

j.Musik Pengiring
-Musik klasik Carnatic

i.Ciri Gerak Tari
-Tari Bharata Natyam merupakan tari yang penuh tradisi,yang mana menguasai tari ini memebutuhkan waktu bertahun tahun karena terdapat berbagai gerak tangan,kaki,dan mata yang harus dipelajari demi untuk mempersembahkan tarian warisan lam

C.Tari Nihon Buyo-Jepang

Nihon buyō adalah terjemahan bahasa Jepang untuk istilah bahasa Inggris Japanese dance. Istilah "buyō" pertama kali diperkenalkan oleh budayawan Tsubouchi Shōyō dan Fukuchi Genichirō yang yang mengacu pada dua kelompok besar tari klasik Jepang:mai dan odori (
Mai adalah menari diiringi nyanyian atau musik tradisional dengan seluruh bagian telapak kaki yang tidak pernah diangkat melainkan diseret-seret (suriashi), walaupun kadang-kadang ada juga gerakan menghentakkan kaki. Gerakan tari bisa dilakukan dengan berputar di dalam ruang gerak yang sempit atau seluruh panggung sebagai ruang gerak. Jenis-jenis tari yang tergolong ke dalam Mai: Kagura, Bugaku, Shirabyōshi, Kusemai, Kōwakamai, Noh (Nōgaku), Jiutamai.
Odori adalah menari diiringi nyanyian atau musik tradisional dengan kaki yang dapat bergerak bebas disertai hentakan kaki untuk mengeluarkan suara, ditambah gerakan tangan yang disesuaikan dengan ritme musik. Nenbutsu Odoridan Bon Odori merupakan contoh tari Jepang yang disebut Odori.



Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Nihon Buyo

b.Tema
-Kehidupan Kerajaan

c.Koreografer
-Tsubachi Shuyo dan Fukuchi Genichiro

d.Jenis Tarian
-Tari Klasik

e.Negara Asal
-Jepang

f.Fungsi Tarian
-Sebagai Upacara Adat

g.Penyajian Tari
-Kelompok

h.Properti
-Menggunakan Make Up layaknya Geisha dan menggunakan konde khas Jepang

i.Busana
-Menggunakan Kimono khas Jepang

j.Musik Pengiring
-Musik Tradisional Jepang

i.Ciri Gerak Tari
-Mai:seluruh bagian telapak kaki yang tidak pernah diangkat melainkan diseret-seret
-Odori:dengan kaki yang dapat bergerak bebas disertai hentakan kaki untuk mengeluarkan suara





D.Tari Belly Dance-Timur Tengah

Belly dance atau tari perut adalah nama Barat untuk menciptakan tarian tradisional Timur Tengah, terutama raqs Sharqi (bahasa Arab: رقص شرقي). Kadang-kadang juga disebut Timur Tengah tari atau tari Arab di Barat, atau oleh çiftetelli istilah Yunani-Turki (Yunani: τσιφτετέλι).
Istilah "Belly dance" adalah terjemahan dari "danse du ventre Perancis" yang diaplikasikan pada tari di masa Victoria. Ini adalah sesuatu dari yg salah karena setiap bagian tubuh yang terlibat dalam tarian; bagian tubuh yang paling fitur biasanya menjadi pinggul. Belly dance mengambil berbagai bentuk tergantung pada negara dan wilayah, baik di kostum dan gaya menari;; dan gaya baru telah berkembang di Barat sebagai popularitasnya telah menyebar secara global. Meskipun bentuk tarian kontemporer umumnya dilakukan oleh perempuan, beberapa tarian, khususnya tari tebu, berasal dalam bentuk laki-laki kinerja.
Raqs Sharqi (bahasa Arab: رقص شرقي; harafiah "oriental dance") adalah gaya yang lebih akrab bagi orang Barat, dilakukan di restoran dan kabaret di seluruh dunia. Hal ini lebih sering dilakukan oleh penari perempuan, tapi juga kadang-kadang ditarikan oleh laki-laki. Ini merupakan tari solo improvisasi, meskipun murid-murid sering melakukan koreografi tarian dalam kelompok.
Raqs baladi, (bahasa Arab: رقص بلدي; harfiah "tarian" negara, atau "folk" dance) adalah gaya folkloric, menari sosial oleh laki-laki dan perempuan dari segala usia di beberapa negara Timur Tengah, biasanya pada perayaan seperti pernikahan .


Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Belly Dance

b.Tema
-Kehidupan

c.Koreografer
-Tidak diketahui

d.Jenis Tarian
-Tarian Rakyat

e.Negara Asal
-Timur Tengah

f.Fungsi Tarian
-Sebagai upacara adat

g.Penyajian Tari
-Tunggal atau kelompok

h.Properti
-Kain untuk dikebaskan,cadar,serta gelang tangan khas Timur Tengah

i.Busana
-Menggunakan busana Khas Timur Tengah.Untuk baju dari dada sampai perut,sehingga perut terlihat

j.Musik Pengiring
-Musik khas Timur Tengah

i.Ciri Gerak Tari
-Biasanya tari ini menitikberatkan di pinngul dan perut





E.Irish Dance-Irlandia

Tarian Irlandia adalah sekelompok bentuk-bentuk tari tradisional yang berasal dari Irlandia yang luas dapat dibagi menjadi tarian tarian sosial dan kinerja. tarian Irlandia sosial dapat dibagi lebih lanjut ke céilí dan menetapkan menari. tarian Irlandia yang mengatur quadrilles, ditarikan oleh 4 pasangan diatur dalam persegi, sedangkan tarian céilí yang ditarikan oleh formasi bervariasi (ceili) dari pasangan 2 sampai 16 orang. Selain pembentukan mereka, ada perbedaan gaya yang signifikan antara dua bentuk tarian sosial. tarian sosial Irlandia adalah tradisi yang hidup, dan variasi dalam tarian tertentu yang ditemukan di masyarakat tarian Irlandia, di beberapa tempat, tarian yang sengaja diubah dan koreografi tarian baru.
menari kinerja Irlandia secara tradisional disebut sebagai stepdance. stepdance Irlandia, dipopulerkan pada tahun 1994 oleh menunjukkan kepada dunia-terkenal "Riverdance", adalah penting untuk gerakan yang cepat kaki, tubuh dan lengan yang terus sebagian besar stasioner. Kebanyakan stepdances kompetitif adalah tarian solo, meskipun banyak stepdancers juga melakukan dan bersaing dengan tarian céilí. The stepdance solo umumnya ditandai dengan lengan yang dikendalikan tetapi tidak tubuh bagian atas kaku, lurus, dan cepat, tepat gerakan kaki. Tarian solo dapat berada dalam "sepatu lunak" atau sepatu keras ".
Tarian tradisi Irlandia mungkin tumbuh dalam hubungan erat dengan musik tradisional Irlandia. Berasal di Irlandia Pra-Kristen, tarian Irlandia kemudian dipengaruhi oleh bentuk-bentuk tari dari Benua, khususnya dansa kadril. master menari Perjalanan diajarkan di seluruh Irlandia, sampai tahun 1900-an awal.





Identifikasi Karya Seni Tari:

a.Judul/Nama Tarian
-Irish Dance

b.Tema
-Kehidupan

c.Koreografer
-Tidak diketahui

d.Jenis Tarian
-Tari Rakyat

e.Negara Asal
-Irlandia

f.Fungsi Tarian
-Sebagai media hiburan

g.Penyajian Tari
-Kelompok

h.Properti
-Menggunakan sepatu khas untuk menarikan Irish Dance

i.Busana
-Busana Modern

j.Musik Pengiring
-Musik Tradisional Irlandia

i.Ciri Gerak Tari
-Tarian yang mengatur quidrilles,ditarikan 4 pasangan diatur dalam persegi,sedangkan tari yang mengatur celi dari 2 s/d 16 pasangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa tinggalkan pesan demi kemajuan blog ini. terimakasih telah berkunjung.